Dampak Akibat Kelebihan Gula Pada Kesehatan Tubuh

Gula adalah salah satu zat yang paling penting untuk tubuh kita, dengan mengkonsumsi gula dapat memberikan energi ke tubuh untuk kita melakukan kegiatan sehari hari.

Tetapi disini banyak jenis gula yang dapat merusak metabolisme tubuh jika memberikan kalori tanpa nutrisi seperti gula induk atau pemanis buatan.

Mengkonsumsi gula berlebihan dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan keluarnya penyakit berbahaya seperti diabetes melitus , dan juga penyakit jantung.

Tubuh manusia memiliki batasan dalam mengkonsumsi gula dalam sehari yaitu, 37,2 gram atau sekitar 9 sendok teh gula, disarankan tidak mengkonsumsi gula lebih dari itu, karena dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh kita seperti yang akan kita bahas saat ini.

1.Menyebabkan Obesitas

Obesitas adalah penyakit dimana seseorang memiliki berat badan yang berlebihan karena rusaknya sistem metabolisme tubuh yang tidak dijaga.

Mengkonsumsi gula yang berlebihan dapat memicu kekebalan hormon leptin yang berfungsi untuk menahan lapar, dengan begitu jika kita mengkonsumsi gula terlalu banyak akan membuat kita makan yang berlebih dan menaikan berat badan kita.

2.Meningkatkan Resiko Terkena Penyakit Jantung

Dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki kadar gual yang sangat tinggi dapat menyebabkan peradangan dan kadar trigliserida yang membuat tekanan darah tinggi meningkat.

Ketika tekanan darah tinggi meningkat maka akan meningkatnya resiko untuk tersumbatnya arteri pada jantung yang dapat menjadi penyakit jantung.

3.Terkena Diabetes

Diabetes adalah penyakit pada tubuh kita yang bisa disebabkan oleh keturunan, tetapi penyakit ini juga dapat disebabkan oleh makanan yang memiliki kadar gula yang tinggi. 

Makanan yang memiliki kadar gula tinggi dapat menyebabkan gangguan pada saraf neurotransmitter yang memicu diabetes.

4Memicu Timbulnya Jerawat

Pastinya anda tahu apa itu jerawat yang dapat mempengaruhi penampilan anda, biasanya makanan yang kadar gulanya tinggi seperti, karbohidrat olahan, makanan dan minuman yang terlalu manis bisa meningkatkan timbulnya jerawat.

Dengan mengkonsumsi makanan tinggi gula dapat memicu peningkatan hormon sekresi androgen, dan memproduksi minyak yang berlebih di wajah kita yang membuat timbulnya jerawat.